Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Kriminalitas, Polsek Arsel Imbau Pemilik Toko Emas Pasang Pengaman Tambahan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Oktober 2020 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Senagai upaya mencegah terjadinya tindakan kriminalitas di toko emas, anggota Polsek Arut Selatan menghimbau kepada pengusaha toko emas agar dapat memamasang pengaman tambahan, seperti besi pada etalase dan cctv.

Personel Polsek Arsel menyampaikan imbauan ini kepada pengusahan toko emas di Pasar Indra Kencana, Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Jumat, 16 Oktober 2020.

Kapolsek Arsel AKP Wihelmus Helky mengatakan telah menyampaikan imbauan kepada pengusaha toko emas, untuk memasang pengaman tambahan ialah sebagai upaya preventif menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tentunya kita perlu waspada terhadap tindakan kriminalitas yang tiba - tiba terjadi, terutam yang perlu diwaspadai sekarang adalah toko emas, karena pelaku dapat mudah melancarkan aksi kejahatan saat melihat etalase yang tidak dilapisi teralis besi," katanya.

Menurut Helky, para pemilik toko emas di sejumlah titik, masih ditemuai ada yang belum melengkapi tokonya dengan teralis estalase dan CCTV.

Hal ini menunjukkan jika pola pikir masyarakat terkadang kurang tanggap, terhadap kemungkinan kejadian terburuk yang menimpa toko atau rumahnya.

"Masih ada masyarakat yang berkeyakinan tokonya merasa aman ketika ada karyawan. Baru setelah ada kejadian perampokan, mereka baru sadar akan pentingnya peralatan pengaman tersebut," ungkapnya.

AKP Wihelmus menganjurkan kepada seluruh pemilik toko emas dan pusat perbelanjaan untuk memasang kamera CCTV disetiap sudut yang dianggap vital.

Helky menegaskan bahwa upaya pencegahan itu lebih penting dari sekedar pengamanan oleh petugas di lapangan.

"Masyarakat pemilik toko harus sama - sama memahami, sebisa mungkin untuk tidak membuka celah sedikitpun seseorang melakukan tindakan kriminal, kita harus bisa mencegahnya sedini mungkin," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru