Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hinting Pali Dapat Penolakan, Polres Kobar Turunkan Personel Antisipasi Kericuhan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Oktober 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kobar jajaran Polda Kalteng menurunkan personelnya untuk melakukan pengamanan kegiatan ritual Hinting Pali di CV. Aylantik Jaya, Desa Pandu Senjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kobar, Jumat, 16 Oktober 2020. Ritual tersebut mendapat penolakan dari sejumlah pihak.

Dalam rilis Polres Kobar, kegiatan ritual adat Hinting Pali akan dilakukan oleh Deden namun mendapat penolakan dari Wendi yang merupakan pengurus DAD Kobar.

Penolakan ritual adat Hinting Pali tersebut karena dianggap tidak sesuai dengan kesepakan bersama yang telah dibuat pada 28 November 2011 oleh Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan, bahwa ritual tersebut tidak boleh dilakukan oleh pelaksana yang berasal dari agama selain Hindu Kaharingan dan bukan aset adat.

Mengantisipasi terjadinya kericuhan antara dua kelompok tersebut, Polres Kobar bersinegi dengan Brimob dan Kodim 1014 Pangkalan Bun menyiagakan personelnya di lokasi tersebut.

"Kami bersyukur intensitas emosi dari kedua kelompok bisa diredam dan dapat diselesaikan dengan jalur damai, selanjutnya terkait penggugatan lahan, sudah kami sarankan untuk melalui jalur hukum perdata," kata Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana saat memimpin mediasi dan pengamanan kegiatan tersebut.


Selain itu, salah satu tokoh masyarakat di Kobar yang berasal dari Kesultanan Kutaringin, Pangeran Muasjidinsyah juga ikut meredam suasana, dengan memberikan arahan serta solusi terkait permasalahan yang dihadapi kedua kelompok tersebut.

"Setiap masalah pasti ada solusinya dan tidak perlu diselesaikan dengan emosi. Masih bisa dibicarakan secara keluargaan dan baik - baik," ujar Pangeran Muasjidinsyah

Perselisihan kedua kelompok tersebut akhirnya berhasil diselesaikan pada pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan damai serta ditutup dengan kegiatan doa bersama. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru