Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT Pilgub Kalteng di Barsel Berjalan Alot

  • Oleh Uriutu
  • 17 Oktober 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Rapat Pleno terbuka rakapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Tengah di KPU Barito Selatan berjalan alot.

Pantauan Borneonews rapat pleno tersebut berlangsung pada Jumat, 16 Oktober 2020 dari pukul 15.00 WIB, karena alot terkait masukan data 17 orang masuk DPTdari Kecamatan Gunung Bintang Awai yang harus diverifikasi.

“Verifikasi data ini kita didukung dari Disdukcapil, karena data masukan tersebut lumayan signifikan yakni 17 orang. Kita memastikan kalau memang bisa diakomodir kami berupaya semaksimal mungkin untuk hak konstitusi setiap warga Barsel yang mempunyai hak pilih,” kata Ketua KPU Barsel, Bahruddin.

Dari 17 data tersebut, lanjut dia, setelah dilakukan verifikasi dan pemeriksaan data dari Disdukcapil secara terbuka disaksikan oleh semua peserta yang hadir dalam rapat pleno terbuka ini 10 orang yang bisa diakomodir sebagai pemilih.

Karena 10 orang ini benar-benar warga Barsel yang berada di Desa Bintang Ara, Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Sementara, sambung dia, 7 orang tidak bisa diakomodir atau dimasukan kedalam DPT karena berdasarkan verifikasi dan pemeriksaan Disdukcapil bahwa 3 orang diantaranya penduduk Kabupaten lain.

“Dan 3 orang lainnya sama sekali tidak memiliki data, baik NKK, NIK nama dan seterusnya dan1 orang lagi telah terdaftar sebagai pemilih di desa lain,” beber dia.

Meski demikian, rapat pleno terbuka tersebut berjalan dengan baik, hanya saja memakan waktu lama karena melakukan verifikasi data secara terbuka.

Semuanya diterima oleh peserta, hal ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari semua pihak Disdukcapil dan Bawaslu.

“Intinya semua peserta dalam rapat pleno ini menerima rakapitulasi DPSHP dan penetapan DPT sebanyak 95.124 pemilih pada Pilgub Kalteng,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)  

Berita Terbaru