Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karyawan PT Wasco Unjuk Rasa di Gedung DPRD Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Oktober 2020 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekitar 50 orang tergabung dari karyawan PT Wasco dan DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP KEP-SPSI) Kabupaten Barito Timur melakukan unjuk rasa damai di Gedung DPRD Barito Timur, Senin, 19 Oktober 2020.

Aksi unjuk rasa damai dan penyampaian aspirasi dikawal oleh personel Polres Barito Timur.
Koordinator aksi, Rama Yudi mengungkapkan, tujuan unjuk rasa dan penyampaian aspirasi tersebut untuk meminta kepada DPRD selaku wakil rakyat agar ikut membantu menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di daerah setempat, sehingga berjalan sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

"Karena saat ini banyak kesewenangan dan ketidakadilan yang dilakukan pengusaha atau perusahaan terhadap para pekerja di Barito Timur terutama masalah upah dan
pesangon bila dilakukan PHK," kata Rama saat berorasi.

Adapun masalah-masalah yang akan disampaikan ke DPRD dalam aksi tersebut yakni:

1. Masih ada perusahaan yang membayar upah karyawan dibawah UMK Barito Timur serta tidak membayar upah lembur sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.


2. Masalah perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK secara sepihak tanpa kesalahan pekerja dan tidak mau memberikan pesangon sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

3. Masalah 37 orang Karyawan PT Wasco yang menuntut hak mereka yaitu sisa gaji atau kekurangan bayar periode bulan September 2020 yang mana mereka telah di PHK oleh manajemen PT Wasco secara sepihak dan tanpa kesalahan namun Manajemen PT Wasco tidak mau membayarkan hak-hak para pekerja tersebut.

4. Masalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Barito Timur yang menurut pengunjuk rasa, selama ini tidak serius dalam menangani masalah ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Barito Timur. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru