Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejagung Periksa Kejari Jaksel Setelah Viral Makan dengan Napoleon dan Prasetijo

  • Oleh Teras.id
  • 19 Oktober 2020 - 23:21 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung tengah melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan atau Kejari Jaksel Anang Supriatna.

Anang diperiksa dan diklarifikasi terkait makan bersama antara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan bersama kuasa hukum dan tersangka Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte serta Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo pada saat pelimpahan tahap dua.

Acara makan bersama itu viral lantaran fotonya beredar luas. "Dengan adanya pemberitaan tersebut, Jamwas telah merespons dengan memanggil Kejari dan Kasi Pidsus Jakarta Selatan untuk memberikan klarifikasi," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, saat dihubungi pada Senin, 19 Oktober 2020.

Hari sebelumnya telah menanggapi foto viral tersebut. Ia menyatakan bahwa memberikan makan siang kepada tersangka adalah hal yang biasa dan merupakan hak tersangka.

"Dalam proses pelaksanaan tahap dua, baik itu perkara pidum (pidana umum) maupun pidsus (pidana khusus), jika sudah jadwalnya makan siang, maka kami akan memberikan makan siang kepada tersangka," katanya.

Hari menuturkan, terkadang pengacara atau kuasa hukum juga memesankan makan siang untuk kliennya. Atau, para tersangka bisa meminta tolong kepada petugas untuk memesankan makanan dari kantin untuk mereka.

"Bisa memesan ke kantin yang ada di kantor sesuai menu yang ada sesuai SOP. Sedangkan apabila tersangka atau pengacara atau penyidik ingin menambah menu sendiri maka itu hak mereka," ucapnya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru