Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Kembali Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Oktober 2020 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sungai Katingan sejak beberapa hari terakhir kembali meluap, seperti di wilayah Kasongan Kecamatan Katingan Hilir.

Dari pantauan, Selasa, 20 Oktober 2020, Sungai Katingan di sekitar Jembatan Sei Katingan tampak meluap ke permukaan. Luapan Sungai Katingan menggenangi pekarangan dan halaman rumah warga terutama yang bermukim tidak jauh dari sungai.

Meluapnya Sungai Katingan ini akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir. Di Kasongan misalnya, sejak hampir sepekan terakhir hujan lebat selalu mengguyur terutama di malam hari.

Camat Katingan Hilir, Karyadi mengimbau kepada warganya terutama yang tinggal di bantaran Sungai Katingan agar selalu mewaspadai luapan sungai yang mulai terjadi. "Harapan kita warga selalu mewaspadai terkait luapan Sungai Katingan yang sudah beberapa hari ini terjadi," kata Camat Katingan Hilir Karyadi.

Karyadi mengatakan, meski belum ada rumah warga yang kebanjiran, namun dirinya tetap mengimbau agar warga tetap berhati-hati. Pasalnya, curah hujan yang akhir-akhr ini tinggi menyebabkan Sungai Katingan meluap. "Harapan kita meski air sungai mulai meluap, tapi tidak terjadi banjir besar seperti bulan lalu," kata Camat Katingan  Hilir, Karyadi.

Kepala BPBD Kabupaten Katingan Eka Suryadilaga mengimbau kepada masyarakat terutama yang wilayahnya mulai terdampak luapan air Sungai Katingan agar selalu mewaspadai datangnya banjir yang sewaktu-waktu bisa bisa terjadi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru