Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Timur akan Siapkan TPS Mobile untuk Pasien Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Oktober 2020 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua Bidang Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum atau KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita mengungkapkan, pihaknya bersama Gugus Tugas percepatan penanganan Covid 19 akan menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) berpindah atau TPS mobile.

TPS mobile tersebut, menurut dia, untuk memfasilitasi pasien covid-19 yang mampu mempergunakan hak pilih.

"Misalkan di tempat isolasi rumah susun ada pasien covid-19 di sana maka kami akan memerintahkan TPS mobile untuk ke rumah susun tersebut saat pemilu," ungkap Satya seusai rapat koordinasi bersama Gugus Tugas Covid-19, Bawaslu dan Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Selasa, 20 Oktober 2020.

Dia menjelaskan meski dalam kondisi pandemi Covid-19, namun KPU akan berusaha semaksimal mungkin agar setiap warga yang memiliki hak pilih dapat mempergunakan hak pilihnya pada Pilgub Kalteng 2020.

Namun dia berharap penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19 di daerah setempat. Karena itu, dia menegaskan, setiap tahapan Pilkada harus dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami telah menyepakati bahwa kampanye dari setiap tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah wajib mengurus izin kampanye pada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Barito Timur," ungkapnya.

Selain itu menjelang pelaksanaan Pilgub Kalteng 2020, KPU juga akan meminta data penyebaran Covid-19 dari Gugus Tugas Covid-19 Barito Timur serta melakukan rapid maupun swab test terhadap badan ad hoc pemilihan umum. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru