Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Ceramah Provokatif, Kementerian Agama akan Pasok Materi Khotbah

  • Oleh Teras.id
  • 20 Oktober 2020 - 23:51 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Agama atau Kemenag akan memasok materi khotbah Jumat untuk mencegah adanya ceramah-ceramah bernada provokatif di masjid.

"Saat ini diperlukan materi kotbah salat Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin lewat keterangan tertulis, Selasa, 20 Oktober 2020.

Penyajian kotbah Jumat yang mencerdaskan dan jauh dari provokasi ini masuk dalam rencana strategis (Renstra) 2020-2024.

Kemenag telah menyiapkan naskah khotbah Jumat gratis, termasuk naskah khusus untuk disampaikan kepada generasi millenial sebagai bagian penting dari struktur sosial saat ini.

Bahan-bahan kotbah Jumat dari Kementerian Agama dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id

"Perhatian terhadap hal ini menjadi bagian dari program besar moderasi beragama. Dalam misi besar ini, berbagai cara telah ditempuh Kemenag belakangan ini, termasuk pembaruan buku-buku ajar, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan, pembentukan Pokja Moderasi Beragama, dan penyusunan buku Moderasi Beragama," ujarnya.

Menurut Kamaruddin, rumah ibadah sudah semestinya menjadi pusat syiar moderasi beragama untuk mewujudkan agama Islam yang damai dan mendukung stabilitas beragama serta bernegara. (TERAS.ID)

Berita Terbaru