Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kunjungan PM Jepang dan Awal Citra Indonesia "Aman" COVID-19

  • Oleh ANTARA
  • 21 Oktober 2020 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Mendung yang menggantung di langit ibu kota tak menyurutkan “burung besi” bersimbol negeri matahari terbit untuk hinggap dan mencengkeramkan kukunya pada landasan pacu Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB lewat ketika kemudian Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istri, Mariko Suga, keluar dari pintu pesawat kenegaraan yang fenomenal itu.

Di bawah tangga pesawat Sekretaris Kabinet Pramono Anung telah menanti sejak beberapa menit yang lalu untuk menyambut kedatangan PM yang baru dilantik sejak 16 September 2020 itu.

Tak ada jabat tangan, tanpa bersentuhan, semuanya tersenyum di balik masker yang seakan menjadi titik balik bagi era penyambutan tamu agung di tengah pandemi.

Semuanya berjalan singkat tanpa banyak basa basi hingga rombongan diarahkan langsung ke Istana Kepresidenan Bogor.


Berbulan-bulan sejak pandemi, Istana absen dari seluruh kegiatan penyambutan tamu kenegaraan hingga kehadiran PM Suga yang baru saja melakukan kunjungan serupa ke Vietnam.

Maka semuanya pun bergegas untuk melakukan persiapan, meski keadaan jelas berbeda, selain mendung pandemi pun mensyaratkan perubahan pada protokol upacara penyambutan resmi agar tetap aman dari penularan COVID-19.

Karpet merah digelar namun upacara tak semeriah dulu karena seluruhnya dimodifikasi, termasuk jumlah pasukan kehormatan yang terbatas dan dengan jarak yang lebih renggang.

Setibanya di Istana Bogor sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan PM Yoshihide Suga disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Prosesi kedatangan tamu negara kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi di teras Istana karena situasi hujan. Lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali.

Berita Terbaru