Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengusaha Rumah Makan Harus Menjaga Kesehatan dan Kualitas Makanan

  • Oleh James Donny
  • 21 Oktober 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Untuk menjaga kesehatan dan kualitas makanan pada rumah makan di Pulang Pisau, Dinas Kesehatan mengharapkan para pengusaha kuliner melakukan pengawasan sebelum makanan tersaji kepada konsumen. 

Dalam rangka upaya tersebut Dinas Kesehatan Pulang Pisau melakukan Orientasi Penjamah dan Penanggungjawab Makanan yang dilaksanakan pada 20 sampai 21 Oktober 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo mengatakan bahwa kegiatan yang digelar di gedung serbaguna Dinas Kesehatan Pulang Pisau ini dilaksanakan berdasarkan Kepmenkes nomor 1098 tahun 2003 tentang persyaratan Hygiene Rumah Makan dan Restoran.

Menurutnya penjamah makanan, adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan makanan dan peralatan mulai dari tahap persiapan, pembersihan, pengolahan, pengangkutan, sampai dengan penyajian.

Karena itu melalui kegiatan tersebut, pihaknya mengundang para pemilik restoran dan warung makan yang ada di Pulang Pisau untuk mendapatkan pengetahuan mengenai kualitas makanan yang baik sebelum disajikan. 

Menurutnya untuk memperoleh kualitas makanan yang baik perlu diperhatikan dan diawasi mengenai pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga pengolah.

"Yang harus dihindari dari penyajian makanan di antaranya terjadinya penularan penyakit melalui makanan yang disebabkan oleh tenaga pengolah makanan," ujarnya

Masa pandemi Covid-19 ini menurutnya masalah penyajian harus diperhatikan oleh para pelaku usaha bahwa makanan yang akan disajikan terjamin dan steril dari Covid-19. "Yang lebih utama rumah makan harus menerapkan protokol kesehatan," katanya. 

Melalui kegiatan orientasi tersebut harapnya para pelaku usaha kuliner di Pulang Pisau dapat memenuhi syarat kesehatan dalam penyajian makanan yang disajikan kepada pelanggannya. (JAMES DONNY/B-5) 


 

Berita Terbaru