Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polda Kalteng dan Polres Jajaran Gelar Simulasi Sispam Kota

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 21 Oktober 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam Rangka menghadapi konflik sosial dan penanganan Pilkada 2020, Polda Kalteng dan Polres jajaran menggelar Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Operasi Mantap Brata Talabang Tahun 2020.

Kegiatan simulasi Sispam Kota pada Rabu, 21 Oktober 2020, yang berlangsung di kawasan Jalan S Parman tepatnya Depan Gedung kantor DPR Kalteng itu melibatkan personel Polda Kalteng, Polresta Palangka Raya, Polres Katingan dan Polres Pulang Pisau.

"Tujuannya perlunya keseragaman dalam penanggulangan unjuk rasa (Unras) agar personel dilapangan memiliki pengetahuan yang sama di tingkat Polda dan Polres jajaran," kata Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut Kapolres yang harus diutamakan mampu mengendalikan pasukan yang ada dikesatuannya maupun pasukan yang di BKO kan dari   Polda ke Polres jajaran di bawah kendalinya.

"Dalam hal ini kami ingin menunjukan daripada kesiapan personel dalam melaksanakan Sispam Kota kita harus tahu betul apa yang harus dilakukan apabila terjadi sesuatu gangguan. Memang kita tidak menginginkan gangguan itu, tapi kita terus waspada apabila itu terjadi dan kita sudah siap," tegasnya.

Ia juga menambahkan, penanganan juga dilakukan untuk menghadapi kerusuhan maupun adanya sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis hingga sampai dilakukan tindakan tegas oleh petugas

"Kegiatan itu sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum Omnibus Law disahkan oleh anggota DPR. Namun, bertepatan dengan Omnibus Law, akhirnya disimulasikan," pungkasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-5)

Berita Terbaru