Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Timur Berusaha Tingkatkan Partisipasi Pemilih pada Pilgub Kalteng 2020

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Oktober 2020 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Barito Timur terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub Kalteng 2020 dengan memberdayakan relawan demokrasi.

Demikian dijelaskan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Barito Timur, Zarmiyeni seusai memberikan materi sosialisasi basis relawan kepada relawan demokrasi, Rabu 21 Oktober 2020.

"Peran relawan demokrasi sangat signifikan dalam meningkatkan partisipasi pemilih karena mereka ditugaskan khusus untuk melakukan sosialisasi ke basis pemilih yang tidak bisa dijangkau oleh KPU," ungkapnya.

Dalam melakukan sosialisasi relawan demokrasi membantu KPU untuk menyampaikan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta mengajak masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilih.

"Jadi kegiatan tadi merupakan kelanjutan dari pengukuhan dan bimtek Relawan Demokrasi Barito Timur pada 14 Oktober lalu karena mereka bekerja perlu dibekali dengan sosialisasi penguatan basis relawan," imbuhnya.

Dia melanjutkan pada sosialisasi tersebut relawan demokrasi diberi pembekalan agar mereka memahami materi tentang apa yang harus dilakukan di lapangan saat melakukan sosialisasi kepada basis pemilih.

"Kami mengingatkan kepada para relawan agar dalam bertugas mengutamakan kesehatan dan keselamatan dengan mematuhi protokol kesehatan serta melakukan sosialisasi dari lingkungan terdekat dan menyesuaikan dengan kearifan lokal," jelasnya.

Diketahui, pada Pilgub Kalteng 2020 KPU Barito timur merekrut 25 relawan demokrasi yang akan bertugas untuk melakukan sosialisasi pada 10 kecamatan. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru