Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Timur Tetap Waspadai Penyakit Lain Jelang Pergantian Musim

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Oktober 2020 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Meski sedang berusaha mengatasi penyebaran covid-19 yang masih terus meningkat, Dinas Kesehatan Barito Timur tetap mewaspadai berbagai penyakit yang sering timbul saat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan.

"Kami tetap melakukan penanggulangan penyakit menular yang ada di Barito Timur seperti TBC dan HIV-AIDS dan juga mewaspadai yang timbul pada pergantian musim seperti demam berdarah dengue (DBD), influenza dan diare," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Suhaily. Kamis, 22 Oktober 2020.

Dia menjelaskan, dinas kesehatan tidak larut dalam penanganan covid-19, namun juga terus memberi perhatian pada kemungkinan timbul penyebaran penyakit menular lainnya.

"Petugas surveilans kami di dinas maupun di Puskesmas selalu aktif, begitu ada informasi dari masyarakat tentang gejala penyakit tertentu langsung cepat melakukan penyelidikan epidemiologi," jelas Suhaily.

Selain itu, lanjut dia, dinas kesehatan juga selalu memaksimalkan upaya preventif promotif atau pencegahan dan promosi pola hidup sehat dalam masyarakat.


Hal tersebut menurut dia bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat.

"Memasuki pergantian musim kemarau ke musim hujan ini masyarakat Barito Timur harus tetap menjaga lingkungan agar bersih, menjaga sumber air yang sehat, sampah-sampah dibersihkan, memasak makanan dengan baik serta menjaga sirkulasi udara yang baik di rumah," pesan Suhaily. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru