Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Industri Hilir Harus Dihadirkan di Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 22 Oktober 2020 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur mendorong agar ada terobosan untuk meningkatkan ekonomi di Kotim. Salah satunya melalui pembangunan industri hilir.

Rudianur menilai, daerah ini membutuhkan lebih banyak industri hilir untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kehadiran industri hilir akan membawa dampak positif yang luas," katanya, Kamis, 22 Oktober 2020.

Selain nilai ekonomi, hasil produk pun menjadi meningkat. Industri hilir juga membawa dampak positif seperti penyerapan tenaga kerja dan peningkatan penyerapan bahan baku lokal.

Dia menambahkan, Kabupaten Kotawaringin Timur sangat kaya sumber daya alam dan potensi lainnya yang menjanjikan. Mulai dari perkebunan kelapa sawit, karet, rotan, padi, kelapa, jagung, singkong, dan lainnya.

Selama ini produk-produk tersebut umumnya dijual ke luar daerah dalam bentuk mentah maupun setengah jadi. Padahal jika ada industri hilir seperti pabrik pengolahan produk di daerah ini, maka nilainya akan jauh lebih tinggi.

Penyerapan bahan mentah oleh industri hilir atau pabrik juga dipastikan akan jauh lebih tinggi jika operasionalnya berada di Kotawaringin Timur. Kondisi itu akan membawa manfaat besar bagi ekonomi daerah dan masyarakat.

Untuk itu, pemkab disarankan menggandeng investor untuk membangun pabrik di Kotim. Pemkab juga harus membina petani dan perajin untuk memastikan pasokan bahan baku terjamin sehingga investor tertarik berinvestasi.

"Bagaimanapun kita perlu investasi. Saat ini Kotim perlu investor yang membangun sektor hilir itu," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru