Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok, PWI Kalteng Gelar Pelatihan Menulis Berita Olahraga dan Foto

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 22 Oktober 2020 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng akan menggelar pelatihan menulis berita olahraga dan foto, Jumat besok, 23 Oktober 2020. Kegiatan tersebut diselenggarakan SIWO PWI Kalteng.

Rencananya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng, Falery Tuwan akan membuka langsung kegiatan tersebut yang turut dihadiri Ketua KONI Kalteng, Eddy Raya Samsuri.

Sesuai jadwal, akan disampaikan beberapa program kerja terutama menuju Pekan Olahraga Wartawan Nasional atau Porwanas ke- XIII 2021 mendatang.

"Kami sudah komunikasikan, Insya Allah keduanya memastikan hadir. Kegiatan merupakan program kerja pengurus PWI melalui SIWO,” kata Ketua SIWO PWI Kalteng, Wahyudi Hendra atau yang akrab disapa Giben, Kamis, 22 Oktober 2020.

Dia mengatakan, peserta yang akan mengikuti pelatihan menulis berita dan foto tersebut sebanyak 30 orang.

Giben menjelaskan, berita maupun foto olahraga mempunyai daya tarik tersendiri dalam sebuah media. Tidak heran, hampir semua media menyiapkan rubrikasi khusus. Karena penggemar olahraga tidak terbatas usia dan golongan.

“Itu besok kita akan bedah. Peserta nanti diberikan pembekalan menulis berita, cara foto, dan berbagai isu olahraga yang sering terlewatkan,” tandasnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin mengungkapkan, pemberitaan olahraga dan foto hingga kini masih banyak diminati pembaca. Namun, seiring perjalanan waktu, ketajaman pembuatan berita olahraga semakin berkurang.

Wartawan lebih banyak mengandalkan berita wawancara, bukan pengamatan, analisa, maupun kejadian di lapangan.

"Atas dasar itulah, kami melaksanakan pelatihan menulis berita dan foto olahraga. Setelah mengikuti pelatihan, paling tidak nanti ada perubahan pola pikir dalam penulisan berita olahraga yang inspiratif," tegasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-11)

Berita Terbaru