Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawit Indonesia Hadapi Banyak Tantangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Oktober 2020 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Industri sawit menghadapi berbagai permasalahan dari sektor hulu sampai dengan hilir.

Untuk itu pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keberlanjutan industri sawit. Salah satunya dengan mendirikan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS.

Hal ini dikatakan Direktur Penghimpunan Dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDP-KS, Dr Sunari yang diwakili Plt Kepala Divisi Pemungutan Biaya dan CPO pada BPDP-KS, Fajril Amirul dalam Kegiatan Fellowship Journalist Batch II yang dilaksanakan secara virtual atas kerjasama Jurnalisme Profesional Untuk Bangsa atau JProf dan BPDP-KS di bawah Kementerian Keuangan, 21-22 Oktober 2020.

"Tantangan industri sawit di Indonesia ini banyak sekali, mulai dari produktivitas pohon yang rendah serta rata-rata memasuki usia 20 tahun, perlu peremajaan," katanya.

Tantangan lainnya ialah keterampilan bertani yang masih perlu ditingkatkan. Sementara pendapatan hanya bersumber dari penjualan Tandan Buah Segar atau TBS.

"Lalu kualitas benih yang juga tidak baik sehingga menghasilkan TBS dengan rendemen yang rendah," tambahnya.

Kurangnya sarana prasarana juga turut menjadi tantangan, mulai dari pengolahan, penyimpanan, dan transportasi masih sangat kurang, sementara biaya produksi tinggi.

"Kita juga masih bertumpu pada penjualan CPO, diperlukan pengembangan pasar sebenarnya untuk dapat menyerap hasil produksi yang terus meningkat," jelasnya.

Kondisi ini masih ditambah dengan banyaknya kampanye negatif, baik pada pasar dalam maupun luar negeri. "Sawit Indonesia masih kerap diserang dengan isu kesehatan dan lingkungan," sesalnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru