Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkaya Data Saat Liputan Olahraga

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Oktober 2020 - 14:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wartawan yang ditugaskan meliput olahraga tidak sekadar menguasai materi sepakbola. Namun, semua cabang olahraga atau Cabor harus mampu dikuasai agar mudah dalam merangkai menjadi sebuah berita. 

Pesan itu disampaikan Vinsensius GL, narasumber dalam kegiatan pelatihan menulis berita olahraga di salah satu hotel di Kota Palangka Raya, Jumat, 23 Oktober 2020. 

Kegiatan ini digagas oleh Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Kalteng melalui Seksi Wartawan Olahraga (SIWO). Temanya adalah tingkatkan kemampuan wartawan, dalam membuat karya tulis dan foto untuk kemajuan dunia olahraga daerah. 

Sensi - sapaan akrabnya - mengatakan, meliput olahraga memang sedikit berbeda dengan yang lain. Selain memperbanyak kosa kata, meliput olahraga juga harus memperkaya data. 

"Bedanya dengan liputan lain terletak pada data. Di olahraga misalnya sepakbola, bisa mengumpulkan data dari sisi berapa jumlah kartu kuning, kartu merah, berapa gol, offside dan lainnya. Itu bisa diolah menjadi berita. Termasuk sisi di luar lapangan," kata Sensi. 

Sensi melanjutkan, membuat berita olahraga tidak hanya seputar lapangan. Namun, sisi menarik lain bisa diambil dari prediksi. Oleh sebab itu, update informasi mengenai olahraga perlu dilakukan.

Pada kesempatan itu, Sensi juga menceritakan pengalamannya baik saat peliputan, maupun mendidik wartawan muda hingga jadi. Sensi mengaku bangga karena ada salah satu didikannya (masih satu kantor dengannya) kini duduk sebagai pemimpin redaksi di salah satu perusahaan media di Kalteng. 

Sekadar diketahui, kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah Falery Tuwan. Hadir pula Ketua Komite Olahragan Nasional Indonesia (KONI) Kalteng, Eddy Raya Samsuri 

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Kalteng Wahyudi Hendra mengatakan, berita maupun foto olahraga mempunyai daya tarik tersendiri dalam sebuah media. Tidak heran, hampir semua media menyiapkan rubrikasi khusus olahraga karena memang penggemar olahraga tidak terbatas usia, golongan, atau lainnya. 

Selanjutnya, Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin menjelaskan, dari dahulu berita maupun foto olahraga, tidak pernah sepi peminat. Bahkan hampir setiap hari, masyarakat selalu mencari berita olahraga di media. Tinggal sekarang kejelian wartawan dalam mengangkat isu, membuat naskah, dan menampilkan fotonya. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru