Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terkait Vaksin, Jubir Penanganan Covid-19 di Kobar: Perlu Pemberian Pemahaman Yang Baik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Oktober 2020 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terkait keraguan dan adanya penolakan sebagian masyarakat terhadap vaksin covid-19, Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten  Kotawaringin Barat (Kobar) Achmad Rois mengatakan, diperlukan pemberian pemahaman pada masyarakat.

Menurut Achmad Rois pada Jumat, 23 Oktober 2020, adanya pro dan kontra terhadap produk medis yang baru tentunya hal yang lazim terjadi.

"Bila dijelaskan dengan bahasa yang mudah, namanya saja barang baru, apalagi terkait dengan sesuatu yang untuk menyembuhkan. Tentunya masyarakat harus diberikan pemahaman yang baik," jelas Achmad Rois.

Hal itu disampaikan Achmad Rois karena jangankan vaksin covid-19 yang masih baru, obat yang sudah beredar lama saja diperlukan edukasi farmasi dan tata laksana pada individu yang mengonsumsinya.

"Kemudian perlu dijelaskan bagaimana reaksi vaksin terhadap diri manusia. Karena setiap setiap vaksin itu kan dipengaruhi oleh respon imunitas individual," jelas Achmad Rois.

Menurut Achmad Rois, respon imun individual yang kemungkinan bisa berbeda tentunya harus dikawal. "Karena ketika sudah diberikan vaksin, kemudian pondasi imunitasnya tidak bagus, tentunya tidak menimbulkan imunitas dalam waktu yang relatif cepat," tutur Achmad Rois. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru