Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stadion Lukas Enembe Ikon Baru Olahraga Papua

  • Oleh ANTARA
  • 24 Oktober 2020 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Jayapura - Keberadaan Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua telah menjadi ikon baru sarana olahraga bagi masyarakat di tanah Papua setelah Gubernur Papua Lukas Enembe pada Jumat malam 23 Oktober 2020 menandai peresmian sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021.

Perjalanan panjang peresmian Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan Sentani Kabupaten Jayapura menimbulkan pro dan kontra karena sebelum diresmikan Gubernur Papua Lukas Enembe bernama Stadion Papua Bangkit.

Stadion ini memiliki tempat duduk untuk 42.000 penonton dan dibangun sesuai dengan standar internasional memenuhi peraturan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dengan luas stadion mencapai 71.697 meter persegi di atas lahan 13 hektare.

Stadion Lukas Enembe dibangun sejak tahun 2016 hingga tahun anggaran 2020 dengan dukungan dana otonomi khusus dan APBN hingga APBD Provinsi Papua telah menghabiskan anggaran berkisar Rp1,3 triliun.

Dana pembangunan stadion tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua Rp1,3 triliun.

Bangunan fisik stadion itu dibangun dengan empat periode tahun anggaran dimulai sejak 2016 sebesar Rp 228,6 miliar, tahun 2017 sebesar Rp 447,2 miliar, tahun 2018 sebesar Rp 879,3 miliar serta pada tahun 2019 telah dianggarkan juga sebesar Rp2,2 triliun.

Sementara pada APBD 2020 anggaran untuk penyelenggaraan PON 2021 disiapkan sebesar Rp2 triliun. Sedikitnya, ada empat arena olahraga yang dibangun yakni istora Papua bangkit, arena atletik, arena kriket, dan lapangan hoki baik di dalam maupun di luar stadion.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengakui, keberadaan bangunan Stadion Lukas Enembe telah menjadi kebanggaan khusus bagi masyarakat di tanah Papua.

Dengan fisik bangunan stadion berkapasitas internasional, menurut Gubernur Lukas Enembe, diharapkan kehadiran stadion itu mampu menjadi tempat untuk melatih dan melahirkan atlet Papua berkelas dunia.

"Saya harapkan setelah Stadion Lukas Enembe menjadi saksi sejarah baru di dunia olahraga Indonesia karena Papua torang bisa menjadi penyelenggara PON XX Papua 2021,"ungkap Gubernur Lukas Enembe pada peresmian stadion di Kampung Harapan Sentani Kabupaten Jayapura.

Berita Terbaru