Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Minta Pemkab Gunung Mas Perbaiki Jalan Menuju Jembatan Gantung Upon Batu

  • Oleh Hendra
  • 25 Oktober 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Jembatan gantung yang terletak di Desa Upon Batu, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas kini sudah bisa digunakan warga setempat untuk menyebrangi Sungai Kahayan tanpa harus menggunakan fery penyeberangan. 

Kendati demikian, ada beberapa hal yang dinilai harus dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi warga setempat. Salah satunya memperbaiki akses jalan menuju jembatan gantung Desa Upon Batu. 

"Kami minta pemerintah daerah untuk bisa memperhatikan ruas jalan menuju jembatan bantuan Desa Upon Batu, karena kondisi jalannya saat ini hanya tanah liat," kata Kades Upon Batu Isaskar, Sabtu, 24 Oktober 2020

"Apabila hujan turun, maka jalan menuju jembatan gantung yang pertama kali dibangun di Kabupaten Gunung Mas ini berlumpur dan sangat licin, sehingga banyak warga yang terjatuh ketika hendak melintasi jalan tersebut," tambahnya. 

Dia mengatakan, sebelum adanya jembatan gantung tersebut, masyarakat hanya menggunakan jasa ferry penyeberangan untuk menyeberangi Daerah aliran Sungai (DAS) Kahayan. 

"Sekarang warga Desa Upon Batu merasa terbantu dengan adanya jembatan ini, sebab lebih mudah untuk menyeberangi sungai untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari," ujarnya. 

Menurutnya, dengan adanya jembatan gantung tersebut, perekonomian warga desa meningkat dari sebelumnya, terlebih saat jembatan selesai banyak warga lokal mengunjungi destinasi wisata Puruk Awai Rawang dan Batu Suli yang terletak di Desa Upon Batu. 

"Jembatan gantung ini merupakan pintu utama untuk menuju destinasi wisata.  Untuk itu, saya berharap jalan segera diaspal atau cor dengan beton sehingga bisa meningkatkan daya tarik wisatawan dari berbagai daerah," imbuhnya. 

Selain perbaiki jalan, pemerintah daerah juga diminta untuk membuat drainase dan siring pada pondasi tiang jembatan karena kondisi tanahnya saat ini mulai longsor. (HENDRA/B-7)

Berita Terbaru