Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pererat Sinergi, Kapolda Kalteng Bersama Tokoh Adat Dayak Saling Tukar Kenang-Kenangan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Oktober 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kunjungan Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Dedi Prasetyo ke lokasi wisata budaya adat Dayak, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Minggu, 25 Oktober 2020 mendapat sambutan baik dari seluruh tokoh agama maupun tokoh adat Dayak.

Sebagai bentuk apresiasi dan sinergi dari semangat para tokoh tersebut, kapolda dan para tokoh saling memberikan tukar kenang-kenangan. Kapolda memberikab plakat yang diserahkan kepada perwakilan tokoh adat Dayak Desa Pasir Panjang, selanjutnya para tokoh juga memberikan senjata tradisional Dayak yaitu Mandau.

Kapolda mengatakan, pemberian plakat ini merupakan bentuk sinergi antara Polri dengan seluruh tokoh yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi.

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi dan sinergi antara Polri dengan tokoh masyarakat," kata Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Tidak hanya Kapolda yang diberi kenang-kenangan, dalam kesempatan tersebut, tokoh adat Dayak Kobar juga memberikan rompi kulit dan mandau kepada Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Imam Prijantoro.


Selaku masyarakat dayak dan ditunjuk sebagai Dansatgas Dewan Adat Dayak Kobar Wendi mengatakan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapolda Kalteng atas kunjungannya ke Kobar serta meresmikan langsung situs budaya Rumah Betang.

Cenderamata berupa mandau dengan tanduk rusa yang diberikan kepada kapolda itu merupakan semangat Isen Mulang kepada kapolda. Selain itu juga, mandau tersebut dibuat khusus oleh putra daerah atau tidak beli.

"Mandau ini kan simbol kekuatan atau simbol kestriaan orang Dayak. Jadi dengan kehadiran kapolda, memberikan semangat Isen Mulang atau pantang mundur. Semoga bapak Kapolda Kalteng bisa memimpin Polda Kalteng selalu diberi kekuatan, semangat Isen Mulang, baik beliau masih di Kalteng atau di luar Polda Kalteng," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru