Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Food Estate Bukan Hanya Mengenai Tanaman Padi

  • Oleh James Donny
  • 25 Oktober 2020 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan bahwa food estate bukan hanya berbicara mengenai tanaman padi. 

"Food estate tidak hanya identik dengan tanaman padi dan lumbung padi nasional namun food estate harus dipahami secara utuh yakni mencakup semua pangan masyarakat baik padi, jagung, ubi, buah-buahan dan masih banyak terkait pangan masyarakat," terang Slamet, Minggu, 25 Oktober 2020.

Sebagai pihak yang juga dipercaya terlibat dalam food estate ini Slamet mengatakan sangat bersyukur Kabupaten Pulang Pisau ditunjuk sebagai lokasi ketahanan pangan nasional oleh Presiden RI. 

Dengan penunjukan tersebut Slamet mengatakan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau akan berupaya keras memetakan lokasi yang akan menjadi kawasan food estate. 

Menurutnya masyarakat Pulang Pisau khususnya dan Kalteng umumnya begitu familiar dengan istilah food estate ini, dan masyarakat Pulang Pisau banyak yang bergerak dalam bidang pertanian, perkebunan maupun perhutanan.

"Melalui potensi ini pemerintah hadir dan memberikan pembinaan kepada petani menuju petani yang mampu menghasilkan panen untuk ketahanan pangan masyarakat itu sendiri," ujarnya. 

Presiden sudah mencanangkan Pulang Pisau sebagai salah satu lokasi ketahanan pangan nasional dengan pola pertanian modern yang didukung dengan berbagai fasilitas serta peralatan modern. Model bisnis ketahanan pangan di Kabupaten Pulang Pisau akan menjadi contoh untuk pengembangan ketahanan pangan di daerah lainnya. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru