Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontak Erat Positif Covid-19 Jangan Menolak Swab Test

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Oktober 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Simon Biring meminta masyarakat mendukung upaya penanganan covid-19 oleh gugus tugas.

"Kontak erat pasien positif covid-19 jangan menolak ketika gugus tugas akan melakukan swab test," kata Simon saat mengikuti kegiatan RDPU di DPRD Barito Timur, Senin 26 oktober 2020.

Hal ini disampaikannya, untuk menanggapi terus meningkatnya kasus positif covid-19 di kecamatan Dusun Timur khususnya di Desa Jaar dalam beberapa hari terakhir.

Menurutnya, kontak erat yang menolak swab test dan merasa dirinya sehat, beresiko menyebabkan penularan yang lebih luas jika nanti ternyata dirinya terinfeksi covid-19.

"Sebaiknya yang merasa kontak erat pasien positif covid-19 aktif melaporkan diri sehingga penanganannya lebih cepat,"  lanjut Simon.


Diketahui, hingga hari ini Kecamatan Dusun Timur menjadi kecamatan dengan kasus positif covid-19 tertinggi di Kabupaten Barito Timur yakni 140 kasus.

"Saya juga berharap untuk sementara kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak di Desa Jaar dibatasi dulu dan masyarakat setempat lebih sungguh-sungguh mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di sana," imbuhnya.

Simon mengungkapkan, total akumulasi positif covid-19 Barito Timur saat ini menjadi 277 kasus. Dengan rincian 207 orang dinyatakan sembuh, 67 orang masih dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru