Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cina Mintai Keterangan 6 Perwakilan Media AS

  • Oleh ANTARA
  • 27 Oktober 2020 - 09:16 WIB

BORNEONEWS, Fuzhou - Pemerintah Chna meminta keterangan secara tertulis dari 6 perwakilan media Amerika Serikat terkait jumlah staf, laporan keuangan, kegiatan operasional, dan status kantor yang ditempatinya.

"Dalam 7 hari kalender mulai hari ini mereka harus menyerahkan semua laporan itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina (MFA), Zhao Lijian, Senin 26 Oktober 2020.

Dia menyebutkan keenam media AS yang wajib lapor adalah American Broadcasting Corporation, The Los Angeles Times, Minnesota Public Radio, Bureau of National Affairs, Newsweek, and Feature Story News.

Zhao menegaskan kewajiban melapor itu merupakan tindakan balasan atas sikap AS yang melakukan pembatasan terhadap enam perwakilan media Cina di AS.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sebelumnya menuduh ke 6 perwakilan media Cina yang beroperasi di negaranya, yakni Yicai Global, Jiefang Daily, Xinmin Evening News, Social Science in Cina Press, Beijing Review, dan Economic Daily telah melakukan misi luar negeri.

"Apa yang telah dilakukan AS dengan menargetkan organisasi media Cina didorong mentalitas Perang Dingin," katanya.

Menurut dia, hal itu dapat mencoreng reputasi dan citra media tersebut serta memengaruhi kegiatan operasional mereka di AS.

"Oleh karena itu, kami mendesak AS untuk mengubah sikap dengan membatalkan keputusan dan menghentikan penindasan terhadap organisasi media Cina," ujarnya.

Jika AS tidak mengubah sikapnya, Zhao mengancam bahwa tindakan balasan Cina akan lebih besar dampaknya.

ANTARA

Berita Terbaru