Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Turan Amis Ingin Obyek Wisata Dibuka Kembali

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 Oktober 2020 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua BUMDes Turan Amis, Kabupaten Barito Timur, Leonardus mengungkapkan keinginan masyarakat agar obyek wisata Dam Turan Amis dibuka kembali.

"Sejak awal April 2020 ditutup, kalau pihak-pihak terkait bisa mengizinkan untuk dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan kami siap," ungkapnya, Selasa 27 Oktober 2020.

BUMDes Turan Amis sebagai pengelola objek wisata tersebut telah mempersiapkan segala kelengkapan untuk penerapan protokol kesehatan.

"Sesuai standar protokol kesehatan kami sudah menyiapkan tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh. Petugas yang akan mengawasi penerapan protokol kesehatan juga telah kami siapkan, kami pengelola wisata Turan Amis total ada 35 orang," imbuhnya.

Leonardus menjelaskan keberadaan obyek wisata Dam Turan Amis turut membuka lapangan pekerjaan dan menunjang perekonomian di Desa Turan Amis.

"Dari tiga acara hiburan yang kami gelar di lokasi itu pada awal tahun 2020, pengunjung mencapai 10.000 orang," ujarnya.

Pada kegiatan seperti itu pungutan parkir diserahkan kepada masyarakat, sedangkan BUMDes hanya memungut dari tiket masuk dan penyewaan perahu bebek.

"Kalau hari biasa kami tidak pungut tiket masuk, tapi parkir dan penyewaan perahu saja, dan itu masuk ke BUMDes semua," jelasnya.

Leonardus menambahkan telah melihat beberapa obyek wisata mulai dikunjungi oleh masyarakat, karena itu dia meminta dinas pariwisata setempat agar memberikan kejelasan terkait izin membuka kembali obyek wisata.

"Kami siap mematuhi instruksi dari pemerintah yang penting ada kejelasan apakah sudah boleh dibuka atau belum karena kami melihat ada beberapa tempat wisata yang sudah ramai didatangi warga," ujarnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru