Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saatnya Pemuda Membangun Usaha Berbasis Digital

  • Oleh ANTARA
  • 27 Oktober 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan kembali menyatakan sudah saatnya pemuda membangun usaha digital, apalagi dalam situasi pandemi COVID-19.

Syarief Hasan dalam rilisnya diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan hal itu dalam kuliah umum bertema Building Entrepreneurship Innovation to be a Great Digitalpreneur yang diselenggarakan oleh Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Negeri Makassar (UNM) dan dihadiri lebih dari 1.000 peserta berbagai kalangan

"Pentingnya menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship berbasis digital pada masa pandemi COVID-19," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Syarief Hasan memberikan gambaran pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terancam resesi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal II, kata dia, telah terkontraksi hingga minus 5,32 persen. Hal ini berpotensi resesi menimpa Indonesia.

"UMKM-lah yang paling berperan penting untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia," katanya.

Selain menyebabkan banyak kasus positif dan meninggal dunia, lanjut dia, pandemi COVID-19 juga menyebabkan jatuhnya ekonomi Indonesia.

"Kita bisa melihat indikator lain, yakni makin banyaknya pengangguran akibat PHK besar-besaran dan melejitnya angka kemiskinan mencapai 26,4 juta rakyat, tertinggi sejak 2017," ucap Syarief.

Mantan Menteri Koperasi dan UMKM pada masa SBY itu pun menilai bahwa solusi paling tepat untuk menguatkan kembali ekonomi Indonesia adalah dengan membangun budaya berwirausaha.

"Data menunjukkan bahwa UMKM-lah yang menyerap 97 persen total tenaga kerja dan 99 persen lapangan kerja. Menumbuhkan UMKM sama artinya menjaga rakyat dapat tetap bekerja," katanya menerangkan.

Berita Terbaru