Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh dan Fasilitas Miliki Peran Penting untuk Kemajuan Food Estate

  • Oleh James Donny
  • 27 Oktober 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, Selasa, 27 Oktober 2020 mengatakan, penyuluh dan dukungan fasilitas sangat berperan dalam kemajuan food estate.

"Peran yang paling utama yakni memaksimalkan tugas dan fungsi penyuluh. Dengan adanya penyuluh, diharapkan petani mendapat transfer integrasi dari petani lokal menuju modern," kata dia.

Dia menambahkan, hal tersebut memerlukan pola kebersamaan untuk menuju arah yang diharapkan, dengan memperbaiki pola tanam dan kemampuan SDM petani.

Demikian juga dengan dukungan fasilitas yang modern telah mentransformasi secara signifikan pola tanam yang dilakukan masyarakat di Pulang Pisau. Pola peningkatan produksi pertanian dengan alsintan akan diberlakukan secara merata di semua kawasan food estate.

Menurutnya kerja keras kepala daerah untuk melakukan terobosan menata daerah hingga ditunjuk menjadi lokasi ketahanan pangan nasional tidaklah mudah.

"Pak Edy Pratowo bersama Ibu Pudjirustaty Narang merupakan sosok di balik food estate. Sehingga masyarakat mendapat kucuran dana langsung maupun tidak langsung untuk percepatan program ketahanan pangan tersebut," kata Slamet. 

Perjuangan tersebut juga membawa para petani tradisional menjadi modern. Karena semua pekerjaan cepat terealisasi dengan peralatan yang didatangkan dari kementerian. 

Slamet mengatakan bahwa food estate merupakan kepercayaan pemerintah pusat. Dan terpilihnya Pulang Pisau tentu sudah ada pertimbangan khusus.

"Berkat peran dan terobosan kepala daerah ada banyak bantuan pusat yang dikucurkan ke Kabupaten Pulang Pisau, baik dalam bentuk dana dan bantuan alsintan," ujar Slamet. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru