Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Bawaslu Sukamara: Pengawasan Akan Maksimal Apabila Masyarakat Ikut Mengawasi

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Oktober 2020 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sukamara, Irwansyah mengatakan bahwa pengawasan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah akan lebih maksmal apabila masyarakat ikut berperan.

"Dalam pengawasan, tentunya Bawaslu belum bisa maksimal, tetapi dengan keikutsertaan masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020, Insyaallah pelaksanaannya akan lebih maksimal," ucap Irwansyah, Rabu, 28 Oktober 2020.

Menurut dia, apabila pengawasan juga dilakukan oleh masyarakat, maka potensi pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Kalteng dapat dicegah.

"Apabila tidak bisa kita cegah, maka akan kita tindak lanjuti sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Dirinya berharap, melalui sosialiasi pengembangan pengawas pemilih Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan media massa, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam pengawasan terhadap pelanggaran yang berpotensi terjadi pada Pilkada tahun ini.

"Jika terjadi potensi pelanggaran di masyarakat, mereka bisa melaporkan atau menyampaikan ke kita agar dilakukan upaya pencegahan terlebih dahulu," tutur Irwansyah. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru