Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPHP Barito Hilir Gelar Pembinaan Pasar bagi UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Oktober 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi atau KPHP Unit XIV Barito Hilir bekerja sama dengan BPHP Wilayah X Palangka Raya, Disperindag Kalteng, Balai POM dan perusahaan aplikasi belanja online Shopee menggelar pembinaan pasar berbasis KPHP.

Pembinaan tersebut digelar selama 2 hari di Tamiang Layang dan diikuti oleh 30 orang peserta dari berbagai tempat di wilayah kerja KPHP Unit XIV Barito Hilir.

Kepala KPHP Barito Hilir, Herodes Djaya PA  menjelaskan peserta pembinaan tersebut merupakan kelompok tani hutan maupun perorangan.

"Produknya ada anyaman rotan, serbuk jahe merah, kerupuk ikan, madu, minyak nilam dan keripik pisang," ungkapnya saat diwawancarai di sela kegiatan, Rabu, 28 Oktober 2020.

Sementara itu, Kepala BPHP Wilayah X Palangka Raya, Tony Rianto menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan program yang ada di BPHP.

"Pemerintah terus berusaha selama masa pandemi ini bagaimana bisa meningkatkan daya beli masyarakat," kata Tony.

Pembinaan tersebut, lanjutnya, untuk memberikan tambahan pengetahuan bagi pelaku UMKM bagaimana bisa mengembangkan pemasaran atau menembus pasar yang lebih luas.

"Jadi fokusnya bagaimana bisa memanfaatkan internet untuk menjual produk dan bagaimana mengemas produk yang layak dijual secara online. Nanti dalam kegiatan ini juga akan diajarkan membuat akun di Shopee," imbuhnya.

Dia berharap, kegiatan yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat tersebut dapat bermanfaat bagi peserta dalam pengembangan usaha dan jangkauan pasar.

"Target kami kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis lingkungan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru