Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Generasi Milenial Penting Bantu Ciptakan Pemilu Berkualitas

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Oktober 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyaknya informasi terkait penyelenggaraan Pemilu ternyata masih belum maksimal sampai kepada generasi milenial.

Padahal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat provinsi hingga kabupaten sudah berupaya menyampaikan informasi tersebut melalui berbagai media, baik media sosial, berita online dan cetak hingga televisi.

Menurut salah satu tokoh pemuda di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Muhammad Natsir dalam diskusi yang digelar KPU Kobar bertajuk Peran Pemuda Dalam Pemilihan di Masa Covid-19, Rabu, 28 Oktober 2020 mulai terungkap apa saja hal yang menyebabkan informasi tersebut tidak sampai pada generasi milenial.

"Dari diskusi tadi, terungkap berbagai penyebabnya. Walaupun informasi penyelenggaraan pemilu disampakan secara massif melalui berbagai media, namun lantaran kemasannya serius dan resmi tentunya generasi muda enggan membaca informasi tersebut," jelas Muhammad Natsir.

Menurut Muhammad Natsir, hal tersebut tidak 100 persen salah, lantaran isi yang disampaikan memang memerlukan keseriusan terkait penyelenggaraan pemilu.

"Ternyata, bila informasi penyelenggaraan pemilu disampaikan melalui diskusi santai dan tanya jawab seperti ini, malah banyak informasi yang bisa diserap dan dipahami oleh generasi milenial," jelas Muhamad Natsir.

Muhammad Natsir berharap, seusai diskusi ini, generasi milenial yang hadir bisa kembali menyampaikan pada lingkup pertemanan dan orang terdekatnya menggunakan bahasa yang lebih familiar sesuai pergaulanya. Sebab, peran generasi milenial sangat penting membantu Pemilu yang berkualitas. 

"Terlebih saat ini pelaksanaan pemilu, khususnya Pilgub Kalteng 2020 dilakukan saat pandemi covid-19. Tentunya diperlukan pemahaman mengenai pelaksanaan protokol kesehatan agar masyarakat bisa melaksanakan hak pilihnya dengan aman dari penularan dan penyebaran covid-19," tutur Muhammad Natsir.(WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru