Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Selamatkan Sisa Hutan yang Ada

  • Oleh Naco
  • 29 Oktober 2020 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Juliansyah mendorong agar ada upaya melakukan penyelematan terhadap sisa hutan yang ada.

Langkah ini harus dilakukan kata dia seiring untuk mencegah bencana di masa mendatang yakni banjir yang akan merendam pemukiman penduduk di sejumlah daerah di Kabupaten Kotim.

Menurutnya salah satu penyebab banjir yang saat ini melanda sejumlah titik di Kotim karena memang terjadi kerusakan alam yang begitu masif.

"Sehingga banjir yang merendam permukiman di daerah warga-warga kita ini tidak lain karena faktor kesengajaan," kata Juliansyah, Kamis, 29 Oktober 2020.

Ia mendorong agar pemerintah daerah baik itu pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi melakukan penghijauan kembali.

Menurutnya lahan ataupun hutan yang kritis diarahkan untuk dilakukan penanaman kembali. Di mana program itu tentunya difasilitasi dan didukung pemerintah daerah dengan maksimal.

"Misalkan diprogramkan penanaman seribu hektare untuk karet, jelutung, sengon ataupun tanaman kayu lainnya yang mana fungsinya menyamai hutan primer sebelumnya," tegasnya.

Apabila program reboisasi maupun rehabilitasi itu tidak dilaksanakan mulai sekarang ini maka tidak menutup kemungkinan bahaya banjir ini selalu mengancam dan mengintai mereka yang ada dikawasan hulu ataupun daerah lainnya.

"Yang mesti kita pikirkan ini adalah untuk jangka panjang 10- 50 tahun kedepan. Kalau tidak diperbaiki kondisi kerusakan itu akan terjadi dan menjadi bencana yang akan menakutkan bagi anak cucu di masa mendatang," ucapnya.

Juliansyah enggan membahas kerusakan itu terlalu jauh. Bahkan dia mengakui kerusakan alam ini juga akibat pembukaan hutan sebagai daerah resapan dan penyangga air hujan itu sendiri secara sporadis tanpa mempertimbangkan aspek ekologis dan lingkungan di masa mendatang. (NACO/B-6)

Berita Terbaru