Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua Bawaslu Barito Selatan Ingatkan ASN dan Kades Tidak Terlibat Politik Praktis

  • Oleh Uriutu
  • 31 Oktober 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Ketua Bawaslu Barito Selatan, Nur Chambiyah mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa agar tidak terlibat dalam politik praktis di Pilkada Kalteng 2020.

Dia mengharapkan netralitas ASN dan kadesm agar proses pesta demokrasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Pasalnya, setiap pesta demokrasi digelar baik Pilkada, Pileg, dan Pilpres selalu dibumbui keterlibatan ASN dan kepala desa.

Nur Chambiyah pun mengingatkan, sesuai dengan ketentuan UU No 10 Tahun 2016 tentang pemilihan bupati, walikota, dan gubernur, baik ASN maupun Kades tidak boleh melakukan kampanye.

Meski belum ada indikasi pelanggaran, pihaknya tetap melakukan pemantauan termasuk dengan menggandeng banyak pihak untuk melakukan pengawasan.

“Kami mengimbau kepada seluruh ASN dan kepala desa untuk tidak berada dalam bagian tim kampanye. Serta tidak mengorganisir massa,” tandas dia.

Jika kedapatan, lanjut dia, pihaknya akan memberikan tindakan bagi pelanggar sesuai aturan dan ketetnuan yang berlaku.

“Ketika ada laporan dan terbukti maka kita akan tindak sesuai dengan ketentuan yang ada. Seperti rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara,” tegas dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru