Ujang Resmi Mundur Sebagai Bupati

  • 28 Juli 2015 - 01:07 WIB

AKHIRNYA, Ujang Iskandar resmi mengundurkan diri sebagai bupati. Pengunduran diri Ujang berkaitan dengan keikutsertaannya dalam Pemilu Kada Gubernur Dan Wakil Gubernur Desember mendatang. Sebelumnya, Ujang hanya melayangkan surat pemberitahuan keikutsertaan dalam Pemilu Kada Kalteng.

Ketua DPRD Kobar, Triyanto mengungkapkan, surat resmi yang berisikan pengunduran diri Bupati Kobar telah tersampaikan ke DPRD Kobar sejak Jumat (24/7/2015) sore. Sesuai Pasal 79, Undang-Undang No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, pemberhentian bupati diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna, dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada menteri melalui gubernur, sebagai wakil pemerintah pusat, untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

Namun, hingga Senin (27/7), belum ada tanda-tanda atau kejelasan, kapan surat pengunduran diri Ujang Iskandar ini dibacakan dalam sidang paripurna DPRD.  “Kita harapkan bulan Juli ini bisa diparipurnakan. Nanti akan kita bahas di rapat Banmus. Ini masih menunggu anggota dewan yang belum hadir. Sekalian bahas mengenai surat hasil rapat paripurna 5 Januari 2012 itu,” kata Triyanto, Senin (27/7/2015).

Anggota senior DPRD Kobar, Sarwani menjelaskan, karena tidak sebagai pengambil keputusan, pengunduran diri bupati Kobar yang tersampaikan lewat surat resmi itu, tetap akan diproses, walau tanpa paripurna DPRD. Meski begitu, hal itu tergantung keputusan masing-masing fraksi dan hasil konsultasi mengenai mekanisme pengunduran diri dengan Mendagri yang rencananya akan ditempuh.

Ia menambahkan, mengenai surat hasil rapat paripuna 5 Januari 2012, dirinya sepakat surat itu perlu dicabut. Seperti diketahui, surat hasil paripurna 5 Januari 2012 itu berisikan, DPRD Kobar tidak mengakui Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kobar yang dilantik 30 Desember 2011 oleh Mendagri.

Ia khawatir, surat 5 Januari 2012 tersebut akan menjadi masalah, apabila Wakil Bupati Kobar, Bambang Purwanto, naik menggantikan posisi Ujang Iskandar sebagai Bupati Kobar nantinya.
(RD/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru