Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar: Bantuan Alsintan Bisa Digunakan Secara Bergiliran

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 November 2020 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Agar penggunaaan alat mesin pertanian (alsintan) bantuan Kementerian Pertanian (Kementan) bisa maksimal untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Kotawaringin Barat, maka Bupati Kobar Nurhidayah, Rabu, 4 November 2020 meminta agar alat tersebut bisa digunakan secara bergiliran dalam kelompok tani sesuai porsinya.

"Karena saya juga dapat laporan jika seringkali alat tersebut hanya dikuasai oleh orang tertentu saja dalam satu kelompok tani," jelasnya seusai penyerahan alsintan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar.

Selain itu menurut bupati agar Alsintan bisa berfungsi dengan baik tentunya diperlukan kedisiplinan kelompok tani dalam hak perawatan alat.

"Alat ini tentunya bukan barang murah. Selain itu banyak daerah lain yang juga menginginkan agar mereka bisa mendapatkan bantuan alsintan seperti yang didapatkan oleh kelompok tani di Kobar," jelasnya.

Dalam kesempatan ini jenis bantuan yang diserahkan kepada para kelompok tani di Kobar yaitu 5 unit pompa air, 29 unit hand sprayer, rice transplanter 1 unit.

Kemudian kegiatan optimasi lahan rawa di 3 kecamatan dengan total 115 hektar terdiri dari 25 hektar di Desa Palih Baru, Kecamatan Kotawaringin Lama, 40 hektare di Desa Karang Sari, Kecamatan Pangkalan Banteng dan 50 hektare di Desa Teluk Pulai, Kecamatan Kumai.

Setelah itu kegiatan irigasi perkompaan di 2 kecamatan yaitu 1 unit Desa Sungai Melawen, Kecamatan Pangkalan Lada dan 1 unit Desa Natai Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel). Selain itu, juga kegiatan rehabilitasi jaringan tersier 50 hektar di Desa Berambai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru