Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Alsintan agar Digunakan Secara Bergilir Antar Petani

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 November 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Petani di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah menerima bantuan hibah alat dan mesin pertanian dari kementerian RI. Dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Komisi IV Dapil Kalteng Bambang Purwanto berpesan agar alat dipergunakan secara maksimal dan bergantian antar petani.

"Alsintan ini ada yang langsung saya serahkan ke kelompok tani atau kelompok UPJA, jadi saya minta supaya ketika alat sampai, pemakaiannya dibuat giliran jangan dikuasai ketua kelompoknya saja," pesan Bambang, saat hadiri penyerahan Alsintan kepada petani di halaman Kantor Dinas TPHP Kobar, Rabu, 4 November 2020.

Penyerahan hibah Alsintan dari Kementrian RI secara simbolis tersebut dilakukan oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Anggota DPR RI Komisi IV Dapil Kalteng Bambang Purwanto, kepada perwakilan ketua kelompok tani, ketua kelompok UPJA dan ketua Gapoktan.

Lanjutnya, Bambang mengungkapkan bahwa pesan yang ia sampaikan agar penggunaan Alsintan tersebut secara bersama - sama, belajar dari pengalamannya dulu. Jadi ketika mendapat bantuan dari pemerintah ketualah yang seakan paling berhak.

"Ini pengalaman saya dulu, jadi dengan adanya kelompok ini maksutnya biar tidak dikuasi oleh ketua - ketua kelompoknya saja, jadi harus sama sama. Jadi kalau kelompoknya berjalan baik, maka kedepan akan berjalan semakin maju pertanian kita," ungkapnya.

Bambang menambahkan, bahwa sekarang persaingan semakin ketat kalau tidak cepat maka akan kalah. Untuk itu kepada para petani, sampaikan apa yang perlu dukungan dari DPR RI melalui Kadis. Agar bisa diperjuangkan demi kemajuan Kobar.

"Kita sekarang harus cepat, kalau tidak cepat akan ketinggalan. Sampaikan langsung ke Kadis, atau langsung ke Saya, sehingga kit bisa berjalan bareng untuk membangun Kobar. Demikian juga Polres, Dandim kalau punya Kelompok binaan bisa diusulkan. Karena saat ini semua boleh menggenjot pertanian untuk pembinaan," ujar Bambang.

Adapun bantuan alat dan mesin pra panen yang sudah terima pada tahun ini berupa pompa air sebanyak 5 unit, Elektrik Hand Spayer 29 unit, Rice Transplanter (alat tanam padi) sebanyak 1 unit. Kegiatan optimasi lahan rawa di 3 Kecamatan sebanyak 115 hektar terdiri dari Kecamatan Kolam, Desa Palih Baru 25 Hektar, Kecamatan Pangkalan Banteng, Desa Karang Sari 40 Hektar, Kecamatan Kumai, Desa Teluk Pulai 50 Hektar. Irigasi Perkompaan di 2 Kecamatan 2 unit.

Bantuan alat dan mesin pertanian pasca panen tanaman pangan, yaitu combine hatverster sedang (alat panen padi) sebanyak 1 unit, power theresher multiguna sebanyak 3 unit, corn sheller (alat pemipil jagung) 12 unit dan corn sheller mobil sebanyak 3 unit tersebar pada 19 desa di 6 kecamatan. 

Bantuan alat dan mesin pertanian dan pengolahan hasil holtikultura, yaitu kendaraan roda tiga sebanyak 1 unit. Solar dryer dan satu unit bangsal pasca panen bawang merah 1 unit. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru