Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agrowisata Petik Buah Melon di Kumpai Batu Atas Tingkatkan Pendapatan Petani

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 November 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dibukannya Agrowisata petik buah melon menjadi berkah tersendiri untuk petani buah di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Salah satu petani buah melon Riyanto (45) mengaku, dengan adanya kegiatan seperti itu penghasilannya naik signifikan dibandingkan harus dijual ke tengkulak atau pengepul.

"Adanya event kayak gini, alhamdulillah penghasilan kami naik sangat signifikan, sangat besar keuntungannya daripada diambil oleh tengkulak. Persentasinya rata - rata naik 40 sampai 50 persen lah," ujarnya, di sela - sela mendampingi pengunjung, Kamis, 5 November 2020.

Dalam kesempatan tersebut, ia pun mengucapkan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Pemkab Kobar, melalui dinas terkait baik dari dinas pertanian, dinas perdagangan dan dinas pariwisata, serta Akademisi Universitas Antakusuma. Dengan event tersebut ia sangat merasa terbantu.

Dikebun miliknya ini ada 3 varitas melon , Melon Alina, Melon Jumbo dan Melon Golden Alisha, semangka Amara. Untuk harganya sendiri, Melon Alina atau putih Rp 8 ribu per kilogram, Melon Jumbo Rp 10 ribu per kilogram dan varitas Golden Alisha Rp 15 ribu per kilogram dan Semangka Amara Rp 5 ribu per kilogram.


"Kalau diambil tengkulak itu per kilogramnya antara Rp 5 ribu - Rp 6 ribu dan itu milih - milih," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa, dalam satu tahun melon ini hanya dua kali panen. Dengan adanya event seperti ini ia pun semakin semangat untuk bertani. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru