Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Bentuk Kelompok Pengolahan Sampah Mandiri

  • Oleh Hendri
  • 05 November 2020 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya membentuk kelompok pengolahan sampah mandiri pada bank sampah. Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin membuka langsung kelompok ini, Kamis 5 November 2020.

Fairid mengatakan, dengan adanya kelompok ini dapat mencegah terjadinya bencana alam disekitar seperti banjir karena tersumbatnya aliran air di sebabkan oleh tumpukan sampah.

"Banyak manfaat dengan adanya pengelolaan sampah misalnya mencegah terjadinya longsor akibat sampah yang tidak dapat terurai, seperti sampah plastik yang hanya bisa terurai dengan jangka waktu 150 tahun," ucapnya.

Menurutnya sampah sebenarnya mempunyai banyak manfaat jika didaur ulang atau diolah kembali menjadi barang, bukan hanya dibuang saja dan dianggap tidak berguna.

Wali Kota mengaku senang dan mendukung dengan terbentuknya kelompok ini karena dapat mengurangi tumpukkan sampah yang harus diatasi bersama-sama bukan hanya oleh pihak pemerintahan saja, melainkan dari semua pihak dan masyarakat.


"Semoga dengan adanya kelompok Pengelola Sampah Mandiri ini menjadi contoh untuk masyarakat agar dapat membentuk kelompok yang lainnya lagi supaya kita dapat bersama-sama menciptakan dan membangun Kota ini menjadi Kota yang bersih, indah dan nyaman bebas dari sampah," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru