Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koordinasi Stakeholder Daerah dan Pusat Diperlukan Cegah Narkoba Lewat Jalur Udara

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 November 2020 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sistem deteksi pencegahan masuknya narkoba khususnya melalui jalur udara di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diperlukan. Kawasan bandara juga diharapkan memiliki berbagai kantor supaya memudahkan koordinasi stakeholder di daerah dan pusat. 

Komandan Lanud Iskandar Letkol Nav Rudi Kurniawan, Kamis, 5 November 3 2020 mengatakan, koordinasi tersebut diperlukan lantaran saat ini pengedar narkoba sudah melakukan berbagai upaya untuk memasukkan narkoba melalui jalur udara.

"Contohnya beberapa waktu lalu, di Bandara Iskandar pihak BNNK Kobar berkoordinasi dengan  Aviation Security (Avsec), Polres Kobar dan anggota TNI AU Lanud Iskandar menangkap seorang pelaku penyelundupan narkoba yang dimasukkan di anus pelaku," jelas Danlanud.

Menurut Danlanud, walau upaya tersebut bisa digagalkan, namun harapannya kedepan upaya tersebut bisa ditangkal sejak dini melalui koordinasi antar-jaringan stakeholder.

"Harapannya suatu saat di Bandara Iskandar, di satu lokasi tersebut selain TNI AU, Dinas Perhubungan, juga ada kantor instansi terkait seperti kepolisian, BNNK," jelas Danlanud.

Sehingga, lanjut Danlanud, bila ada informasi adanya pengedar narkoba yang mencoba-coba masuk melalui jalur udara, bisa segera digagalkan.

"Karena dalam upaya pemberantasan narkoba diperlukan kerjasama semua pihak terkait baik dari institusi vertikal dan Pemkab Kobar," jelas Danlanud. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru