Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ranting Pohon Rawan Picu Gangguan Pasokan Listrik

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 November 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ranting atau dahan pohon yang berada di tepi jalan, terutama yang berdekatan dengan kabel listrik, rawan menjadi pemicu gangguan pasokan. Apalagi yang menyentuh atau menimpa kabel bertegangan tinggi. 

Kondisi ini menjadi perhatian PT PLN, Unit Layanan Pelanggan Sampit, sehingga, mereka terus berupaya untuk membersihkan jaringan listrik di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini dari ranting dan dahan pohon. 

"Saat ini cuaca ekstrem rawan terjadi di Kotim, sehingga rawan terjadi pohon tumbang. Kamipun fokus terhadap pemangkasan pohon yang berada dekat jaringan listrik," ujar Manajer PT PLN Unit Layanan Pelanggan Sampit, Deddy Noveyusa, Jumat 06 November 2020. 

Dia menjelaskan jika ada pohon tumbang atau dahan yang menimpa jaringan listrik, maka sangat rawan menimbulkan gangguan.

Oleh sebab itulah dalam beberapa pekan terakhir, pihaknya rutin melakukan pembersihan ranting dan dahan pohon guna mengantisipasi hal tersebut. 

"Hari ini kami menyebar personel ke delapan lokasi, guna memangkas pohon yang dekat dengan jaringan listrik," katanya. 

Dia meminta maaf kepada pelanggan jika terjadi pemadaman. Karena terkadang gangguan terjadi akibat ada kerusakan jaringan atau pemeliharaan yang dilakukannya. 

"Yang pasti, kami akan berupaya semaksimal mungkin menghindari terjadinya pemadaman listrik agar pasokan listrik untuk masyarakat tidak terganggu," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru