Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Ujung Pandaran Minta Halikinnor Perhatikan Kebutuhan Nelayan agar Perekonomian Meningkat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 November 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta kepada calon bupati Halikinnor agar memperhatikan kebutuhan mereka, terutama dalam fasilitas menangkap ikan dan transfortasi. 

"Saya sudah bertemu dengan warga di sana, dan mereka berharap ada perhatian terkait kebutuhan alat tangkap ikan, penjaring ikan, hingga perahu kelotok yang mereka gunakan," ujar Halikinnor, Jumat 06 November 2020. 

Aspirasi ini sudah ditampung oleh dirinya. Apalagi di desa tersebut. Penunjang kehidupan ekonomi masyarakat adalah dengan cara mencari ikan di laut, sehingga fasilitas penunjang yang sudah disampaikan ini sangat perlu bagi mereka. 

Selain itu para nelayan di daerah tersebut juga meminta agar dibangun dermaga untuk tambat. Minimal dibuat saluran irigasi ke wilayah sungai agar perahu mereka bisa masuk dan tidak ditaruh di pinggir pantai. 

"Tentu yang jadi fokus utama saya jika dipercaya memimpin Kotim adalah peningkatan ekonomi warga, sehingga aspirasi nelayan tersebut akan saya tampung, dan kami upayakan mewujudkannya," katanya.

Mereka juga berharap agar wilayah perkampungan mereka yang sebelumnya di relokasi ke tempat relokasi yang dibuat pemerintah daerah bisa tetap ada di Pantai Ujung Pandaran.

Karena mereka tinggal di tempat tersebut sudah sangat lama, dan mereka sudah terbiasa hidup di tepi pantai. 

"Pemerintah bukan menggusur, namun melakukan relokasi ke tempat lebih aman, karena saat ini pantai sedang dilanda abrasi," katanya.

Meski begitu untuk menampung aspirasi tersebut. Dia berencana akan membuat kampung nelayan  dan membantu pengecatan rumah mereka, serta menaruh lukisan ikan-ikan, sebagai simbol bahwa kampung nelayan. 

"Itu rencana saya agar nantinya kampung nelayan ini juga menjadi tempat wisata baru di Ujung Pandaran," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru