Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyuluh Pertanian Barito Timur Dibekali Materi Pemupukan Berimbang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 November 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Penyuluh pertanian yang tersebar di seluruh BPP se Kabupaten Barito Timur mendapatkan materi pemupukan berimbang dari petugas agronomis PT Petrokimia Gresik, di Aula Dinas Pertanian Barito Timur, Jumat, 6 November 2020.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Trikorianto menjelaskan, materi pemupukan berimbang yang didapatkan penyuluh menjadi bekal dalam memberikan edukasi saat mendampingi petani.

"Penyuluh jadi tahu apa unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan sehingga dapat menyarankan kepada petani pemupukan berimbang dan tepat atas tanaman yang dibudidayakan," kata Trikorianto.

Selain itu, lanjutnya, dengan materi tersebut, varietas  tanaman dan dosis pupuk yang diaplikasikan juga dapat disesuaikan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

"Dengan pemupukan yang berimbang tentunya produksi pertanian juga akan meningkat. Karena itu dari awal penyuluh harus mendampingi petani secara intensif," jelasnya.


Petugas Agronomis Mobil Uji Tanah PT Petrokimia Gresik, Sahala Manurung menjelaskan, selain menyampaikan materi pemupukan berimbang, pihaknya juga menyampaikan informasi tentang layanan uji tanah gratis yang disediakan oleh PT Petrokimia Gresik.

Menurutnya, dengan layanan uji tanah gratis, petani akan mengetahui kekurangan dari tanah yang akan diolah serta layak atau tidak untuk jenis tanaman yang akan dibudidayakan.

"Juga pupuk apa yang cocok yang akan diberikan sesuai dengan status hara tanah. Jadi sebelum tanah diolah harus dicek dulu kandungannya sehingga nanti dapat diberikan rekomendasi pemupukan yang tepat dan berimbang," jelasnya.

Sahala menjelaskan, untuk mendapatkan layanan uji tanah gratis kelompok tani dapat menghubungi pihaknya melalui nomor kontak yang tersedia pada penyuluh pertanian maupun pada distributor pupuk PT Petrokimia Gresik, nanti petugas agronomis akan datang ke lokasi untukk melakukan uji tanah secara gratis. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru