Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panglima TNI Setujui Rencana Pembangunan Lanal Tipe D Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 November 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyetujui rencana pembangunan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) TNI AL Tipe D di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Sandharianto, Sabtu, 7 November 2020 mengatakan, persetujuan dari Panglima TNI tersebut sudah disampaikan pada Pemkab Kobar.

"Kami sampaikan saat kunjungan ke Kantor Bupati Kotawaringin Barat dan diterima Sekda Suyanto, Asisten 1 Pemkab Kobar Tengku Ali Sahbana, Kasdim 1014 Pangkalan Bun Mayor Inf Edy, dan Kabag Sarpras Polres Kobar Kompol Gunadi Rahman," jelas Sandharianto.

Menurutnya, lokasi pembangunan Lanal tersebut berada di Desa Batu Belaman Jalan Pangkalan Bun - Kumai, Kecamatan Kumai.

"Walaupun demikian, di TNI AL ada beberapa skala prioritas yang harus didahulukan. Sehingga pembangunan peningkatan Pos AL Kumai menjadi Lanal dalam perencanaan akan berjalan seiring dengan waktu. Bila nanti sudah dalam kondisi normal mungkin pembangunan bisa dilaksanakan," jelas dia.

Dia mengatakan, saat ini TNI Angkatan Laut khususnya sedang mengembangkan organisasi.

"Terdapat tiga prioritas terkait pengembangan armada. Prioritas pertama yaitu Armada 1, Armada 2, dan yang terbaru adalah Armada 3 untuk wilayah Timur tepatnya di Sorong Papua," jelas Danlanal 

Kemudian, prioritas kedua yakni berupa pengembangan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).

"Untuk pengembangan Pos TNI AL Kumai menjadi Lanal masuk prioritas ketiga. Kami juga berterima kasih pada Pemkab Kobar yang selama ini terus memberikan dukungannya pada perwakilan TNI AL yaitu Pos AL Kumai," jelas Danlanal Banjarmasin. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru