Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analisis: Mendung di Atas Dolar yang Babak Belur Setelah Pilpres AS

  • Oleh ANTARA
  • 08 November 2020 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, New York  - Gambaran yang semakin bearish terhampar untuk dolar AS, yang telah mengalami minggu terburuk sejak Maret di tengah tanda-tanda bahwa pencetakan uang Federal Reserve daripada pengeluaran pemerintah dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi setelah pemilihan presiden Selasa (3/11/2020).

Pemerintah AS yang berpotensi terbelah dengan Partai Republik yang mengendalikan Senat dapat berarti paket stimulus fiskal yang lebih kecil dari anggota parlemen, meningkatkan tekanan pada bank sentral AS untuk meningkatkan pembelian obligasi dan kebijakan pendukung ekonomi lainnya yang telah membebani dolar tahun ini.

Jaringan televisi utama pada Sabtu (7/11/2020) menyatakan calon Demokrat Joe Biden sebagai pemenang pemilihan presiden AS, menawarkan beberapa kepastian setelah berhari-hari laporan yang saling bertentangan tentang siapa yang mungkin menjalankan Gedung Putih selama empat tahun ke depan.

Pada saat yang sama, Demokrat masih bisa memenangkan lebih banyak pengaruh di Senat jika perlombaan putaran kedua di dua kursi yang dipegang Republik di Georgia berlangsung pada Januari, mendukung kasus untuk paket stimulus fiskal yang lebih besar yang telah dipandang oleh beberapa investor sebagai negatif bagi dolar.

Kekhawatiran baru itu muncul di atas masalah yang telah menyeret dolar lebih rendah untuk sebagian besar 2020 dan menyebabkan beberapa investor khawatir tentang statusnya sebagai mata uang cadangan dominan dunia, termasuk ekspektasi suku bunga terendah dan pengeluaran besar-besaran pemerintah AS untuk tahun-tahun mendatang.

Mata uang AS turun sekitar 10 persen dari level tertinggi tahun ini dan mendekati level terendah lebih dari dua tahun. Penurunannya telah mendukung reli dalam aset-aset yang dilihat beberapa investor sebagai alternatif dolar, seperti emas dan bitcoin, yang masing-masing naik empat persen dan 12 persen sepanjang bulan ini.

“Jika Anda harus menulis pedoman yang akan membuat orang berkata 'Saya butuh alternatif untuk dolar,' seluruh proses ini cocok dengan cerita itu,” kata Kit Juckes, ahli strategi di Societe Generale.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada Kamis (5/11/2020) bahwa bank sentral berkomitmen untuk menjaga pembelian obligasi stabil pada 120 miliar dolar AS per bulan, tetapi dia juga mengatakan anggota parlemen kemungkinan akan perlu memberikan lebih banyak stimulus fiskal untuk membantu ekonomi pulih dari kontraksi yang dipicu oleh virus corona awal tahun ini.

Lebih banyak beban untuk mendukung ekonomi dapat beralih ke The Fed jika paket stimulus fiskal ditunda atau lebih kecil dari yang dibutuhkan, kata beberapa investor. Itu adalah potensi negatif untuk dolar, ketika beberapa kebijakan pelonggaran kuantitatif sama saja dengan mencetak uang.

"The Fed dapat mengejutkan kami," kata Jack McIntyre, manajer portofolio fixed income di Brandywine Global. "Mereka dapat melakukan banyak hal untuk menyediakan likuiditas ke pasar, untuk menekan kembali risiko solvabilitas yang akan muncul jika kita tidak mendapatkan paket fiskal."

Berita Terbaru