Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Selatan Desak Dinas Pendidikan Siapkan Anggaran Insentif Guru Non PNS

  • Oleh Uriutu
  • 10 November 2020 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Jajaran DPRD Barito Selatan mendesak pemkab melalui dinas pendidikan mempersiapkan anggaran untuk insentif guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2021.

Dia mengatakan paling tidak anggaran yang harus disiapkan yang diperuntukan bagi insentif guru pada 202 sebesar Rp 6 miliar lebih.

Dengan nilai seperti itupun masih terlalu kecil bagi guru, sebab satu orang guru yang hanya mendapatkan Rp 300 ribu setiap bulan.

Artinya seorang guru hanya mendapatkan Rp 10 ribu dalam setiap hari. Dengan nilai seperti itu saja, pemkab Barito Selatan masih kesulitan dalam mencari dananya, apalagi kalau insentifnya lebih dari nilai tersebut.

Untuk itu pihaknya menyarankan kepada dinas pendidikan menganggarkan dari dana lain yang diperuntukan bagi insentif guru non PNS pada 2021.

Berdasarkan hasil kesepakatan dalam RDP, Dinas Pendidikan Barito Selatan telah menyiapkan anggaran insentif bagi guru sebelum dilaksanakannya pembahasan APBD murni 2021 dalam waktu dekat ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan, Su'aib mengatakan jumlah guru non PNS kurang lebih sekitar 1.600.

"Untuk pembayaran insentif guru yang dibayarkan pada 2020 ini menggunakan dana insentif daerah (DID) dan pembayaran insentif pada triwulan ke IV 2020 ini sedang dipersiapkan," ucapnya.

Sedangkan pada Pemkab Barito Selatan tidak mendapatkan anggaran DID dari pusat, sehingga pihaknya harus mengupayakan anggaran tersebut melalui Dana Alokasi Umum (DAU).

"Kita sudah mengusulkan DID tersebut ke pusat, namun tidak disetujui, sehingga kita harus mengupayakan menyisihkannya dari DAU," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru