Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Mahasiswa Antusias Melihat Peternakan Sapi di Sulung Ranch

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 November 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gabungan mahasiswa dan milenial dari tiga kabupaten di Kalimantan Tengah berkesempatan mengikuti kegiatan pengenalan kewirausahaan integrasi sawit- sapi di Sulung Ranch, sebuah perusahaan peternakan sapi  milik Citra Borneo Indah (CBI) Group, Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa, 10 November 2020.

Dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat yaitu memakai masker dan jaga jarak, para pemuda dari Kotawaringin Timur, Seruyan, dan Lamandau, yang berjumlah sekitar 70 orang ini antusias mengikuti setiap sesi kegiatan.

Diawali dengan rapid test, kegiatan dilanjutkan sarapan lalu pemaparan materi terkait berdirinya program integrasi sawit sapi PT. Sulung Ranch yang dibersamai dengan diskusi dan tanya jawab.

Usai pemaparan materi, lalu mahasiswa diajak melihat peternakan sapi mulai dari pengolahan makanan, proses penggemukan, hingga pengolahan kotoran sapi menjadi bio gas. 

Salah seorang Mahasiswi asal STIH Habaring Hurung Kotim semester I Mela Mulida mengaku sangat terkesan atas program intergrasi sawit sapi yang dilakukan oleh owner CBI Group H Abdul Rasyid AS.

"Saya sangat terkesan dan baru pertama kali melihat secara langsung integrasi sawit sapi," kata Mela, sapaan akrabnya.

Bahkan, lanjut Mela, berdasarkan apa yang dipaparkan oleh Manajer PT. Sulung Ranch, orang dari Australia sharing peternakan di perusahaan ini. Serta sejumlah pihak dari provinsi lain pun banyak yang belajar di sana.

"Sehingga ini menjadi suatu kebanggaan dan pengetahuan baru bagi kami, proses simbiosis mutualisme antara sawit dan sapi," tuturnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru