Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DSPMD Barito Selatan Rakor Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap 3

  • Oleh Uriutu
  • 11 November 2020 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan melakukan rapat koordinasi percepatan penyaluran dana desa (DD) tahap 3, Rabu, 11 November 2020

"Dalam kegiatan ini dibahas terkait mekanisme penyaluran DD tahap III," kata Kasi Keuangan Desa pada DSPMD Barsel, Toni Ahmadi.

Rakor ini dilakukan karena waktunya mepet, sehingga pihaknya mengupayakan agar dananya sudah siap berada di rekening desa.

Sedangkan proses rekomendasinya seperti biasa dari kecamatan dan DSPMD Barito Selatan.

Sistem mekanisme pencairan DD tahap III ini mereka balik dan hal itu dilakukan untuk mempercepat proses pencairannya.

Karena kalau sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) desa harus bermohon terlebih dahulu ke Kecamatan, dilanjutkan ke DSPMD dan setelah itu baru ke Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Di baliknya mekanisme pencairan DD ini sesuai hasil rapat dengan KPPN. Jadi syarat penyaluran dari rekening negara ke rekening desa yang kita minta pada hari ini. Setelah itu tinggal proses permohonan dari desa ke Kecamatan dan DSPMD saja.

Dia membeberkan hal itu dilakukan agar proses penyaluran DD tahap III kepada masing-masing desa di Barito Selatan ini bisa lebih cepat mengingat mepetnya waktu.

Dalam kegiatan ini juga pihaknya dibahas terkait dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III.

Pihaknya meminta kepada bagian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa untuk menyampaikan arahan-arahan kepada setiap desa. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru