Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa di Katingan Diharapkan Kelola Keuangan Desa dengan Benar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 November 2020 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas berharap para kepala desa dan perangkatnya dapat mengelola keungan desa dengan benar. 

Pesan ini dikatakan Bupati Sakariyas saat menghadiri fasilitasi dalam penggunaan dana desa, pendampingan penyusunan perdes kewenangan desa, pelatihan aplikasi eDMC dan eHDW se Kecamatan Katingan Tengah di aula Bappelitbang, Rabu 11 November 2020.

Acara ini diikuti oleh semua kepala desa dan perangkatnya se Kecamatan Katingan Tengah.

Nantinya seluruh kepala desa dan perangkatnya di 13 wilayah kecamatan yang ada secara bergantian juga mengikuti kegiatan ini.

"Saya berharap semua desa di wilayah Katingan setelah kegiatan ini bisa jadi contoh untuk pemanfaatan kewenangan yang tepat, menjadi contoh pembangunan desa yang baik, menjadi contoh dalam pengelolaan dana desa yang benar," harapnya.

Menurutnya, sesuai siklus pembangunan desa, seharusnya saat ini semua desa di Katingan sudah selesai menyusun rencana kerja pemerintah desa untuk 2021.

Tiap desa harus memastikan bahwa sebagian besar rencana kegiatannya sudah dilaksanakan dengan benar terutama bantuan langsung tunai dana desa atau BLT DD sudah disalurkan dengan tepat sasaran.

Sehingga proses pembuatan pengajuan dana desa tahap tiga dan penyusunan laporan pertanggungjawaban tahun 2020 ini bisa benar dan tepat waktu. 

"Ini menjadi sangat penting karena banyak kejadian yang jadi contoh, desa yang berhasil melaksanakan kegiatan namun tidak lancar dalam melaporkannya," katanya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Katingan, Kabul Mustiman mengatakan sejauh ini pihaknya telah menggelar rapat fasilitasi dalam penggunaan dana desa, pendampingan penyusunan perdes kewenangan desa, pelatihan aplikasi eDMC dan eHDW  di sembilan wilayah kecamatan dari 13 kecamatan yang ada. 

"Tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman atau meningkatkan kapasitas dari perangkat desa, BPD dan kaur desa terkait pengelolaan dana desa," katanya. (ABDUL GOFUR/B-6)
 

Berita Terbaru