Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahas Raperda APBD 2021, Bupati Tanggapi Pemandangan Fraksi DPRD Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 November 2020 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - DPRD Kabupaten Lamandau bersama eksekutif hingga kini masih terus melakukan pembahasan Raperda APBD 2021.

Kamis 12 November 2020 DPRD Lamandau kembali melaksanakan sidang paripurna pembahasan Raperda APBD 2021 dengan agenda penyampaian tanggapan eksekutif terhadap pemandangan umum fraksi.

Mengawali tanggapan eksekutif, Bupati Lamandau, Hendra Lesmana sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada semua fraksi yang telah memberikan tanggapan, masukan, dan saran terhadap Raperda APBD 2021.

Terhadap pemandangan umum fraksi Nasdem yang memberikan masukan untuk pemerintah daerah agar meningkatkan PAD, Bupati Hendra menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten senantiasa melakukan pembenahan dan perbaikan kebijakan dalam rangka peningkatan pajak melalui intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan pajak.

"Retribusi daerah mencakup aspek kelembagaan, aspek ketatalaksanaan dan aspek personalianya yang mana pelaksanaannya melalui berbagai kegiatan. Di antaranya relaksasi IMB dengan menerbitkan perbup menyesuaikan atau memperbaiki aspek kelembagaan pengelolaan PAD yang diharapkan berdampak ke arah peningkatan PAD," ujarnya.

Selain itu dengan memperbaiki aspek ketatalaksanaan, baik administrasi maupun operasional peningkatan sumber daya manusia serta meningkatkan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran wajib pajak dan retribusi daerah.

Selanjutnya tanggapan terhadap pemandangan Fraksi Partai Gerindra yang meminta agar pemerintah memberikan informasi tentang penyelenggaraan anggaran penanggulangan pandemi sehingga dapat dipastikan pelaksanaannya efektif tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan, Bupati Lamandau menyampaikan bahwa secara umum anggaran penanganan Covid-19 telah dianggarkan untuk bidang kesehatan dan bantuan sosial serta bantuan ekonomi kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Pemerintah Kabupaten Lamandau secara berkala juga melakukan evaluasi penggunaan anggaran penanggulangan pandemi Covid-19 bersama APH dan secara rinci akan disampaikan kepada DPRD Lamandau," tukasnya. 

Usai menyampaikan tanggapan eksekutif, Bupati Hendra Lesmana mengajak kepada kepada pihak legislatif agar dapat menjaga dan memelihara sinergitas dan kerjasama untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lamandau. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru