Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres dan KPU Lamandau Gelar Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di TPS

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 November 2020 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Polres Lamandau bekerja sama dengan KPU melaksanakan simulasi pelaksanaan pemungutan suara untuk Pilgub Kalteng, Kamis 12 November 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman polres ini disaksikan Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo, Ketua KPU Lamandau Irwansyah, dan anggota Bawaslu.

"Hari ini kita melaksanakan simulasi pengamanan TPS dalam rangka mengecek kesiapsiagaan kita nanti pada saat pemungutan suara 9 Desember 2020," ungkapnya.

Kapolres menyebut simulasi yang digelar ini diharapkan dapat memberikan gambaran pengamanan di TPS saat pemungutan suara, terlebih pemungutan suara kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

"Tentunya ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi dan itu harus diketahui oleh petugas pengamanan, sehingga nantinya dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Sementara itu Irwansyah mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Polres Lamandau. "Tentu kegiatan ini sangat baik agar semua pihak yang terlibat dalam saat pemungutan suara dapat menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk TNI dan Polri sebagai petugas pengamanan," ucapnya.

Irwan mengatakan saat pelaksanaan pemungutan suara nantinya, bisa saja ditemukan kasus, misalnya ada pemilih yang terdaftar sebagai pemilih tetap namun tidak membawa kartu identitas saat datang ke TPS.

"Bisa saja ada fenomena dimana ada pemilih yang datang tanpa membawa identitas dan surat undangan mencoblos. Tentu kasus seperti ini penanganannya juga berbeda," jelasnya.

Selain ketat menerapkan protokol kesehatan, dalam simulasi pemungutan suara itu juga disimulasikan keadaan darurat adanya pemilih yang pingsan di TPS serta penanganannya, perlakuan terhadap pemilih yang suhu badannya tinggi hingga perlakuan untuk pemilih disabilitas. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru