Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Barito Timur Mantapkan Kesiapan Pengamanan Pilkada Kalteng

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 November 2020 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Polres Barito Timur memantapkan kesiapan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada gubernur dan wakil gubernur Kalteng. 

Salah satunya dengan menggelar simulasi pengamanan pemungutan dan penghitungan suara. Kegiatan berlangsung di aula Mapolres setempat dengan narasumber dari KPU Barito Timur, Kamis, 12 November 2020.

Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra mengharapkan, pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan damai. “Dengan adanya simulasi pengamanan di TPS, maka polisi yang bertugas melaksanakan pengamanan sudah mengetahui pola-pola apa saja yang akan terjadi dan berpotensi menjadi gangguan sehingga bisa dilakukan antisipasinya,” jelas Afandi.

Dia menambahkan, ada 121 personel yang ditugaskan mengamankan Pilgub Kalteng di Barito Timur. Jumlah tersebut bertugas mengamankan seluruh tahapan Pilgub mulai dari distribusi logistik, pencoblosan hingga penghitungan suara.

Sementara itu, Ketua KPU Barito Timur Andi A Gandrung mengapresiasi simulasi yang digelar Polres Barito Timur dengan melibatkan KPU.

"Pemilihan umum kali ini berbeda dengan pemilihan umum tahun-tahun sebelumnya karena adanya kewajiban untuk menerapkan protokol kesehatan terkait covid-19 di TPS," kata Andi.

Dia melanjutkan, beberapa hal yang baru yaitu perangkat panitia pemungutan suara wajib mengenakan APD lengkap seperti sarung tangan, masker dan face shield.

"Selain itu kondisi TPS harus steril, karena itu akan diadakan sterilisasi berkala yang dilakukan oleh PAM TPS kedua," imbuhnya.

Masyarakat yang menggunakan hak pilih juga harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sebelum masuk TPS harus mencuci tangan, menggunakan masker serta mengukur suhu tubuhnya.

"Jika ada yang suhu tubuhnya di atas rata-rata 37,3 derajat celcius maka diarahkan ke bilik pemungutan suara khusus yang telah disediakan," ujarnya.

Dia berharap, dengan simulasi yang telah dilakukan, maka jika terjadi sesuatu hal di luar perencanaan pada saat pemungutan suara, petugas pengamanan dari Polres maupun PAM TPS dapat menangani sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan.

"Kami memastikan pelaksanaan Pilkada 2020 TPS kita semua steril sehingga Pemilih tidak perlu khawatir untuk ke TPS menggunakan hak pilih," jelas Andi. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru